User Tools

Site Tools


tentang_ugm_goes_open_source:kegiatan_ugos

KEGIATAN UGOS

PPTiK sebagai Unit yang bertanggung jawab terhadap Kegiatan UGM Goes Open Source telah membentuk Tim Khusus sejak Juni 2007 yang akan mensukseskan program UGM Goes Open Source dengan cara :

  • Roadshow , berupa sosialisai ke Fakultas dan Unit Kerja yang jadwalnya diatur oleh Fakultas dan Unit Kerja masing – masing untuk meninjau kesiapan dari masing masing Fakultas untuk menggunakan Software Open Source
  • Survey, terbagi dalam 2 tahap, tahap pertama, untuk mengetahui ketersediaan hardware pengguna, dan tahap kedua, untuk mengetahui kebutuhan aplikasi dan tingkat kemahiran dalam menggunakan aplikasi tertentu, serta juga kemampuan adaptasi pengguna.
  • Migrasi, dilakukan secara bertahap, berdasarkan skala prioritas. Kegiatan ini mencakup instalasi, konfigurasi dan kustomisasi desktop. Bisa jadi migrasi dilakukan per ruangan atau per sub bagian, disesuaikan dengan kondisi lapangan, tingkat kesulitan dan tingkat kesibukan aktivitas di unit tersebut.
  • Pendampingan, merupakan proses yang dilakukan setelah migrasi, bertujuan untuk mengajarkan dan mendampingi pengguna sampai terbiasa menggunakan sistem operasi dan aplikasi open source
  • Support, merupakan bentuk dukungan tim UGOS ketika pengguna mengalami masalah pasca migrasi dan pendampingan. Support ini bisa dilakukan secara online, remote atau turun langsung ke lapangan. Support juga bisa dilakukan dengan memberikan privat khusus kepada tim teknis di unit yang dimigrasikan.
  • Workshop/seminar sebagai bentuk pengenalan sistem operasi dan aplikasi open source. Workshop dibagi menjadi beberapa kebutuhan. Pertama, pelatihan untuk kebutuhan administrasi yang bertujuan mengajarkan aplikasi open source yang sering digunakan (seperti : Office, internet dan multimedia). Kedua, pelatihan untuk kebutuhan teknis dan maintenance yang bertujuan melatih SDM TI di tiap-tiap fakultas/instansi supaya menjadi praktisi open source di kantor tempat mereka bekerja. Ketiga, pelatihan berdasarkan permintaan yang dilaksanakan ketika ada permintaan pengadaan pelatihan dengan materi tertentu.
  • Buletin UGOS atau informasi baik di lingkungan UGM maupun diluar UGM seperti Departemen dan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta secara berkala.
  • Pemberian booklet UGOS yang berisi informasi mengenai program dan proses migrasi UGM yang dibagikan ke seluruh unit/fakultas di lingkungan UGM.
  • Pembuatan dokumentasi dan panduan untuk mempermudah pengguna dalam menggunakan sistem operasi dan aplikasi open source.
  • Riset Kompabilitas Hardware, yang diharapkan dapat berkerjasama dengan pihak vendor atau toko komputer untuk melakukan testing kompabilitas hardware terhadap sistem operasi Linux
  • Riset pengembangan sistem operasi Linux, mengembangkan sistem operasi sendiri, yang dapat digunakan sebagai standart di lingkungan UGM.
  • Pembuatan standart dokumentasi migrasi yang nantinya diharapkan menjadi acuan untuk panduan migrasi open source di universitas seluruh indonesia.
tentang_ugm_goes_open_source/kegiatan_ugos.txt · Last modified: 2013/11/01 09:27 (external edit)