User Tools

Site Tools


panduan:panduan_penggunaan_ugos-freeze

Panduan Penggunaan UGOS Freeze

Tentang UGOS Freeze

UGOS-freeze merupakan script untuk mengunci tampilan sehingga saat komputer restart perubahan yang terjadi akan kembali ke semula. Walau sekilas UGOS Freeze mirip dengan terkenal Deep Freeze, tapi pada operasinya sangat berbeda. UGOS Freeze hanya membatasi pada penguncian tampilan desktop-nya saja dan tidak pada sistem intinya, jadi walaupun UGOS Freeze dalam keadaan terkunci, proses konfigurasi sistem dengan tingkatan root dapat dilakukan.

UGOS Freeze sangat cocok digunakan pada komputer yang diakses oleh banyak orang, yang kemungkinan diutak-atik tampilannya oleh pengguna. Dengan mengunci tampilan desktopnya, maka tim Penanggung jawab komputer tersebut tidak perlu kerepotan untuk merapikan tampilannya. Cukup komputer tersebut di restart, maka tampilan desktop akan kembali lagi.

Batasan dan Catatan

Saat tulisan ini dibuat, UGOS Freeze dengan versi GUI masih perlu pengujian lebih lanjut. Hal ini dikarenakan sangat banyak laporan permasalah bahwa perangkat UGOS freeze tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya pada versi GUI-nya.

Menggunakan UGOS-Freeze GUI

  1. Silahkan extract file ugosfreeze-Xci-0.1rev4.tar.bz2 di tempat anda melakukan download;
  2. Kemudian jalankan file install-ugosfreeze.py dengan perintah sudo dari directory tempat anda melakuan extract;
    • sudo ./install-ugosfreeze.py
  3. Tampilan depan UGOS-Freeze installer;
  4. Pilihlah user yang ingin dikunci. Jika pada komputer yang digunakan hanya memiliki satu user, maka silahkan klik Forward;
  5. Tunggu bebebrapa saat, Setelah proses installasi UGOS Freeze selesai, anda dapat klik Quit.

Penggunaan

panduan/panduan_penggunaan_ugos-freeze.txt · Last modified: 2013/11/01 09:27 (external edit)