User Tools

Site Tools


panduan:panduan_penggunaan_blog_ugm

Panduan Penggunaan Blog UGM

Blog UGM adalah layanan media online yang disediakan oleh Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan komunikasi (PPTiK) bagi civitas akademika universitas Gadjah Mada. Media ini memberikan wadah bagi civitas yang memiliki hobi menulis blog. Blog UGM dapat diakses melalui alamat http://blog.ugm.ac.id.

Pengenalan Blog UGM

Tampilan utama blog ugm

Blog UGM sama halnya dengan layanan penyedia jurnal online seperti tersebut dibawah ini:

Layanan yang biasa dipakai adalah wordpress.com yang memberikan kemudahan dalam manajemen konten, biasa dikenal dengan Content Management System (CMS). Wordpress.com sendiri menyediakan layanan blog online gratis bagi user yang ingin punya blog, tentunya dengan domain .wordpress.com dibagian belakang nama domain Anda, misalkan http://nama-anda.wordpress.com. Berangkat dari konsep perlunya blog dan fasilitas jurnal online, maka UGM berinisiatif untuk membuat blog UGM yang usernya adalah civitas akademika yang aktif memanfaatkan penggunaan resource sendiri, yaitu dengan Blog UGM. Menggunakan engine yang sama dengan wordpress.com yaitu Wordpress MU (Multi User) versi terbaru yang selalu di update. Fitur fitur yang ditawarkan pun sama dengan wordpress yang digunakan masyarakat pada umumnya.

Manfaat Blog UGM

Blog ugm merupakan layanan cuma-cuma yang diberikan bagi civitas akademika UGM, jadi tidak dipungut biaya untuk mendapatkan account dan user blog di blog ugm ini, beberapa manfaat daripenggunaan blog UGM adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai penyedia layanan jurnal probadi online yang tersedia lokal di jaringan UGM, jadi memungkinkan sharing informasi lebih cepat daripada menggunakan resource dari luar;
  2. Meningkatkan kekayaan konten online dibawah domain ugm.ac.id, yang akan menentukan ranking universitas dari penilaian webometric;
  3. Sarana berbagi informasi dengan media online;
  4. Memberikan kesempatan belajar untuk menulis dan mengemukaan pendapat.

Apa saja keunggulan Blog UGM

Blog UGM berada di lingkungan lokal UGM dan dapat diakses secara umum melalui internet,dengan kemudahan yang ditawarkan oleh pengembang Wordpres, maka dipilih sebagai engine untuk komunitas blog di Universitas Gadjah Mada. Adapun beberapa keunggulan Blog UGM secara teknis adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan Wordpress MU versi terbaru;
  2. Tersedia banyak pilihan Templates (theme) untuk dipiih sesuai dengan keinginan;
  3. Tersedia banyak pilihan plugin untuk lebih menambah fungsionalitas blog Anda;
  4. Tersedia fitur agregator di situs http://blog.ugm.ac.id yang dapat mengetahui user yang terakhir melakukan update beita/posting;
  5. Menerima request custom themes dan plugin apabila dibutuhkan.

beberapa keunggulan diatas dilihat dari sudut pandang teknis dan layanan yang diberikan untuk berjalannya blog UGM sebagai media komunikasi.

Siapa yang boleh mendaftar di Blog UGM

Semua civitas akademika UGM berkesempatan untuk memiliki blog ugm. layanan ini ditujukan bagi seluruh civitas akademika UGM, baik itu staff pengajar, staff non pengajar dan seluruh mahasiswa UGM dan alumni. Jika Anda adalah salah satu dari elemen di atas, maka Anda bisa mendaftar untuk memiliki account pada Blog UGM.

Mendaftar Blog UGM

Syarat mendaftar Blog UGM

Syarat secara umum sudah tertulis dibagian atas, namun secara teknis berikut ini syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar di Blog UGM:

  1. Email UGM: Email UGM sebagai syarat untuk mendapatkan akses layanan di UGM, biasa disebut dengan Single Sign On (SSO), jika Anda belum memiliki email UGM silakan mendaftarkan di PPTiK, informasi selengkapnya silakan kunjungi alamat http://web2.web.ugm.ac.id/
  2. Koneksi internet: Bisa secara lokal ugm ataupun dari luar, untuk akses yang lebih cepat disarankan menggunakan jaringan lokal;
  3. Nama blog otomatis sesuai dengan user email ugm. Apabila nama email menggunakan titik akan diganti oleh strip, misal adi.irawan@mail.ugm.ac.id, maka nama blognya adalah adi-irawan.blog.ugm.ac.id

Langkah Langkah Mendaftar Blog UGM

  1. Membuka alamat url Blog UGM di http://blog.ugm.ac.id, Anda akan mendapatkan tampilan utama Blog UGM, silakan membaca terlebih dahulu informasi/postingan berita dari user yang terfeed di blog UGM, dibagian banner atas terdapat link “Klik disini untuk login »”, untuk mengarahkan Anda pada halaman login;
  2. Masukkan username dan password email UGM untuk inisiasi awal pembuatan blog UGM;
  3. Selanjutnya masukkan kembali username dan password email UGM yang akan mengarahkan halaman admin blog Anda. Untuk berikutnya dalam mengakses halaman admin blog Anda cukup dengan mengetikkan http://nama-anda.blog.ugm.ac.id/wp-admin (contoh : http://edi-imanto.blog.ugm.ac.id/wp-admin).

Dashboard Blog Anda

Pada dashboard Anda, ada beberapa informasi yang dapat dilihat. Seperti statistik jumlah posting dan komen, komen terbaru, dan kotak input posting cepat. Anda dapat segera membuat tulisan, dengan memanfaatkan input Quickpress pada dashboard seperti gambar dibawah.

Mengubah Tampilan Blog

Mengatur Themes

Mengatur tampilan blog Anda dengan memilih theme yang Anda sukai. Tersedia ratusan themes yang bisa dipilih sebagai perwajahan blog Anda, untuk memilih themes silakan mengakses halaman pengaturan themes

  1. Klik pada sidebar left di halaman dashboard, klik menu Appearance » Themes;
  2. Akan muncul halaman pengaturan themes sebagai berikut, terdapat banyak sekali pilihan themes yang tersedia ;
  3. Klik pada salah satu themes yang Anda sukai untuk melihat preview dari tampilannya, jika sudah sesuai silakan di Apply untuk menggunakan themes tersebut.

Mengatur Widget

Untuk mengatur menu navigasi pada situs blog Anda, dapat dilakukan menggunakan menu Widgets yang merupakan sub‐menu dari bagian Appearances. Ada berbagai macam Widget yang tersedia,diantaranya yang paling sering digunakan adalah: Pages, Calender, Archives, Links, Meta, Search, Recent Post, Tag Cloud, Categories, Text, RSS, dan Recent Comments. Untuk mengatur penggunaan widget, silakan mengikuti langkah-lagkah sebagai berikut:

  1. Masuk pada halaman pengaturan Widget di menu samping kiri, klik menu Appearance » Widgets;
  2. Akan muncul halaman pengaturan widget seperti pada gambar dibawah ini, terdapat banyak widget yang siap ditambahkan di sidebar;
    • .
  3. Untuk menambahkan widget, cukup drag dan letakkan di bagian sidebar sebelah kanan, dan kemudian save untuk menyimpan perubahan terakhir yang Anda lakukan.

Mengaktifkan Plugin

Plugin adalah tambahan modul yang disediakan untuk ditambahkan pada blog dengan engine wordpress, berfungsi untuk menambahkan fungsi khusus dari blog Anda, misalkan plugin anti spam, plugin captcha , plugin untuk feed dan lain sebagainya. untuk mngaktifkan plugin yang teredia di Blog ugm silakan mengikuti menu berikut:

  1. Klik pada menu samping Plugins » Installed;
  2. Akan keluar halaman pengaturan plugin dengan penjelasan singkat dari fungsi plugin tersebut;
  3. Untuk mengaktifkan plugin yang Anda kehendaki, silakan klik pada Text Activate yang terletak dibagian bawah dari masing -masing plugin;
  4. Untuk mengaktifkan beberapa modul seklaigus, silakan memilih dengan model checklist dan pada bagian atar teradapat Bulk Action, untuk mengaktifkan atau me-nonaktifkan plugin secara bersamaan.

Administrasi Konten Blog

Pengaturan Tulisan

Memulai membuat tulisan yang ingin Anda bagi dengan rekan lain melalui media blog ugm, masih pada bagian Dashboard Anda dapat membuat Tulisan cepat denagan menggunakan fasilitas Quick Press yang berada pada bagian atas sebelah kanan. Field yang perlu Anda isikan adalah Title dan Content kemudian Publish untuk mempublikasikan hasil tulisan Anda. Jika tulisan yang Anda buat belum selesai, Anda dapat menyimpan draft tulisan Anda untuk dilanjutkan dilain waktu, draft yang Anda tulis sebelumnya akan muncul pada bagian bawah dari Quick Press.

Menambah Tulisan Baru (Add New)

Membuat tulisan baru di blog Anda dengan mengklik pada Menu Post » Add New, akan muncul editor WYSIWYG yang mudah untuk mengatur tampilan dan format penulisan. Tersedia dua mode yang dapat digunakan, yaitu mode Visual dan mode Html. Mode Visual lebih disukai karena memiliki tampilan yang hampir sama dengan pengolah kata (Word Processor) pada umumnya, mode HTML juga memiki keunggulan pada kustomisasi tulisan.

Setelah Porses penulisan selesai, berikutnya ada pilihan untuk langsung mempublish tulisan Anda atau akanemnyimpan sebagai draft untuk dilanjutkan diwaktu berkutnya, secara default Wordpess menyediakan fasilitas autosave setiap selang waktu tertentu, jadi tidak kawatir kehilangaan tulisan Anda apabila lupa mengklik save draft atau publish.

Mengatur Berita/Postingan (Edit)

Tulisan yang sudah Anda publish, adakalanya memerlukan revisi atau perbaikan, Anda dapat melakukan manajemen postingan dengan mengakses menu: Edit dari halaman ini Anda dapat melakukan quick edit, atau edit penuh pada postingan yang Anda buat sbelumnya.

Pengaturan Tags (Tags)

Tags adalah kata atau frase yang biasa digunakan untuk mencirikan suatu tulisan, semacam keywords yang memudahkan dalam pencarian, untuk manajemen tags ini silakan mengakses pada menu Post Tags.

Pengaturan Kategori (Categories)

Kategori digunakan untuk manajemen tulisan Anda, mempermudah dalam penataan serta pencarian tulisan. sepertihalnya map yang dapat Anda gunakan untuk memisahkan tulisan berdasarkan jenis tulisannya. untuk mengatur kategori silakan diakses pada menu: Categories.

Administrasi Media

Media adalah tempat pengaturan dan manajemen aset yang berupa gambar, video atau file dokumen yang ingin disisipkan di tulisan Anda, secara default jika Anda klik pada menu Media, akan diarahkan pada Library media, yang berisi daftar image dan video yang ada di blog Anda, dihalaman ini Anda dapat mengupload gambar-gambar Anda terlebih dahulu untuk nantinya disisipkan pada tulisan.

Terdapat submenu Add Media, untuk menambahkan media pada library, terdapat 2 pilihan upload yaitu flash uploader atau html uploader, jika browser Anda sudah mendukung flash, maka flash uploader dapat digunakan. secara default html uploader lebih sederhana dari pada flash uploader.

Links adalah tautan yang dapat ditambahkan di blog Anda, Anda dapat menambahkan almat blog teman, saudara sahabat dll. untuk adminstrasi pengelolaan link dapat diakses pada menu: Links akan keluar halaman pengaturan links sebagai berikut ;

Anda dapat menambahkan link teman dengan cara Add Links. Selain konten, link juga dapat dikategorikan agar memudahkan dalam manajemennya, untuk mangakses kategori links, sialakan melalui menu: Links » categories.

Administrasi Halaman (Page)

Halaman (Page)adalah halaman yang biasa bersifat statis, perubahan dilakukan jika memang benar benar diperlukan. Update dinamis dilakukan di Post, bagian Page digunakan untuk halaman statis semisal profile, sejarah, company profie dan lain sebagainya yang bersifat statis. untuk menlakukan pengaturan Page ini, cukup diakses pada menu: Pages.

Secara defalut, manu pages akan menampilkan daftar page yang sudah ada di blog Anda, untuk menambahkan page cukup dengan mengklik Add Pages.

Administrasi Komentar

Jika tulisan Anda di blog menarik dan mengundang banyak pembaca, tentunya akan banyak juga komentar yang akan diberikan di artikel Anda, untuk mengelola komentar yang masuk silakan d klik pada menu : Comments.

Segeralah mengaktifkan plugin anti spam anda dan juga captcha, agar tulisan Anda tidak dibanjiri oleh spam.

panduan/panduan_penggunaan_blog_ugm.txt · Last modified: 2013/11/01 09:27 (external edit)