panduan:panduan_membuat_manajemen_proyek_menggunakan_ganttproject

Panduan Membuat Manajemen Proyek Menggunakan GanttProject

What is project Management?

Project management adalah proses planning, organising dan managing task atau tugas untuk mencapai tujuan yang ditetapkan, biasanya telah ditetapkan berdasarkan waktu, resource maupun biayanya. Sebuah project plan bisa saja simple, misalnya daftar dari tugas yang di tulis dalam sebuah notepad atau bisa juga sangat komplek misalnya ribuan tugas dan resource dan budget dari project yang nilainya milyaran.

Sebagian project terbagi dalam kegiatan yang hampir sama, termasuk memecah project ke dalam tugas tugas kecil yang mudah di tangani, membuat jadwal tugas, mengkomunikasikan dengan tim, dan melacak tugas untuk mengetahui progress dari project. Semua Project memiliki tiga tahapan utama yaitu :

  1. Membangun rencana;
  2. Melacak dan mengelola proyek;
  3. Tutup Proyek.

Semakin sukses kita melewati tiga tahapan terebut, maka semakin besar kesempatan project akan sukses.

Software manajemen proyek meliputi banyak jenis software, termasuk : perencanaan, control biaya dan dan manajemen anggaran, alokasi sumber daya, software kerjasama, komunikasi, manajemen kualitas dan dokumentasi atau system administrasi, yang biasanya menghadapi kesulitan atau kerumian saat berhadapan dengan proyek proyek besar. Salah satu software manajemen proyek yang cukup terkenal dan gratis saat ini adalah GanttProject.

GanttProject

GanttProject adalah desktop tools dan merupakan open source lintas platform untuk manajemen proyek program ini bisa berjalan di windows, Linux, dan Mac OS X. Disamping free, GanttProject memiliki semua fitur manajemen proyek normal, seperti pemetaan, grafik sumber daya dan lain lain.

Yang bisa dilakukan oleh GanttProject adalah :

  1. Gant Chart, Membuat struktur susunan kerja, menggambarkan keterkaitannya, dan menentukan patokannya.
  2. Sumber Daya, Menunjuk sumbe daya manusia untuk mengerjakan tugas dan melihat alokasi mereka di resource load chart.
  3. Pert Chart, Menghasilkan PERT chart dari Gantt Chart.
  4. Export, Menyimpan chart dalam bentuk gambar PNG dan menghasilkan laporan laporan dalam bentuk PDF dan HTML.
  5. Saling Beroperasi, Bisa meng-import dan meng-ekspor file proyek ke dalam format Microsoft Project. Mengekspor ke spreadsheet dengn CVS.
  6. Kolaborasi, Membagi dan mendiskusikan proyek dengan kolega kolega dengan menggunakan WebDAV.

GanttProject menyimpan semua informasi yang kita masukkan ke dalam field field, dimana setiap field dipisahkan berdasarkan tipe spesifikasi informasinya, seperti nama task dan durasinya. Di GanttProject field biasanya dimunculkan dalam sebuah kolom. Setelah kita membuat list tugas/task dan membuat information schedule, maka plan dibangun. Kita bisa melihat model dari project secara lengkap. Termasuk kapan project akan selesai dan kapan di mulai untuk setiap task.

GanttProject menyimpan semua informasi yang kita masukkan ke dalam field field, dimana setiap field dipisahkan berdasarkan tipe spesifikasi informasinya, seperti nama task dan durasinya. Di GanttProject field biasanya dimunculkan dalam sebuah kolom.

Setelah kita membuat list tugas/task dan membuat information schedule, maka plan dibangun. Kita bisa melihat model dari project secara lengkap. Termasuk kapan project akan selesai dan kapan di mulai untuk setiap task.

Keuntungan menggunakan GanttProject :

  • Mengerti dan menyetujui tujuan dari project;
  • Dapat mengntrol saat project dimulai, sedang dikerjakan dan saat project selesai;
  • Komunikasi yang jelas diantara orang orang yang terlibat dalam project;
  • Project dapat selesai tepat waktu, bahkan penggunaan biaya, ruang lingkup dan kualitasnya dapat disesuai dengan yang di rencanakan;
  • Realistis dan tujuan dapat tercapai;
  • Keputusan jelas;
  • Kualitas kontrol dapat ditingkatkan;
  • Management perubahan dan resiko.

Pengoperasian Dasar

panduan/panduan_membuat_manajemen_proyek_menggunakan_ganttproject.txt · Last modified: 2013/11/01 09:27 (external edit)