User Tools

Site Tools


dokumentasi:pengenalan_open_source

Pengenalan Open Source

OpenSource tidak hanya sekedar berarti dapat bebas mengakses/memiliki kode sumber program/aplikasi/sistem. Namun ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, yaitu;

1. Bebas Mendistribusikan Ulang

Lisensi yang ada tidak boleh membatasi dalam hal apakah menjual kembali atau memberikan secara cuma-cuma perangkat lunak tersebut baik sebagian maupun keseluruhan. Lisensi yang ada tidak membutuhkan royalti atau biaya lain untuk pendistribusian ulang tersebut.

2. Source Code/Kode Sumber

Perangkat lunak harus menyertakan kode sumber, dan harus memperbolehkan distribusi kode source tersebut. Apabila kode sumber tidak disertakan pada program, harus ada pengumuman yang jelas bahwa kode sumber tersebut dapat diperoleh secara gratis dapat di unduh gratis melalui internet. Kode sumber yang diberikan harus dalam bentuk dimana seorang programmer dapat dengan mudah memodifikasi program. Sedangkan bentuk lanjutan dari proses kode sumber, dalam bentuk binary atau yang setengah jadi bukan merupakan kode sumber yang dimaksud. Hal ini diperlukan agar evolusi/perubahan dalam sebuah program dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

3. Membuat Turunan

Lisensi harus memperbolehkan memodifikasi dan membuat turunan dari program asal, serta memperbolehkan untuk didistribusikan kembali dengan menggunakan lisensi yang sama dengan program aslinya.

4.Integritas Kode Sumber yang Dimiliki Programmer Asal

Lisensi dapat membatasi kode sumber agar tidak didistribusikan ulang dalam bentuk yang telah dimodifikasi, hanya jika lisensi tersebut memperbolehkan mendistribusikan “file patch” didalam kode sumber dengan tujuan agar dapat dimodifikasi ketika dibangun ulang. Lisensi harus secara eksplisit menyebutkan mengijinkan software dapat dibangun ulang dari kode sumber yang telah dimodifikasi. Lisensi memungkinkan aplikasi turunan menggunakan nama/versi yang berbeda dari program asal

5.Tidak ada Diskriminasi Terhadap Seseorang atau Kelompok Tertentu

Lisensi tidak boleh mendiskriminasi kelompok atau orang tertentu. Agar proses pengembangan perangkat lunak berbasis opensource dapat maksimal, dibutuhkan kontribusi sebanyak-banyaknya dari seluruh dunia. Sehingga setiap orang tanpa memandang kelompok atau pihak tertentu memiliki kesempatan untuk berkontribusi

6.Tidak ada diskriminasi terhadap bidang/minat Tertentu

Lisensi tidak boleh membatasi seseorang ketika menggunakan perangkat lunak tersebut pada spesifik bidang tertentu. Sebagai contoh lisensi tersebut tidak boleh membatasi penggunaan perangkat lunak tersebut pada kegiatan bisnis atau ketika digunakan dalam penelitian genetika. Maksud tujuan dari pelarangan tersebut sebenarnya untuk mencegah penggunakan perangkat lunak opensource secara komersial. Namun kenyataannya kita ingin agar pengguna komersial juga dapat bergabung dalam komunitas opensource.

7.Pendistribusian Sebuah Lisensi

Lisensi yang telah disertakan didalam perangkat lunak berlaku untuk seluruh pengguna/orang yang mendistribusikan ulang perangkat lunak tersebut tanpa tambahan lisensi lain dari orang-orang yang telah mendistribusikan ulang tersebut. Klausa ini dimaksudkan untuk melindungi perangkat lunak dari tindakan penambahan lisensi yang baik secara langsung maupun tidak langsung menutup perangkat lunak itu sendiri.

8.Lisensi Tidak Harus Spesifik Kepada Sebuah Produk

Lisensi yang telah disertakan didalam program tidak harus bergantung pada sebagian dari perangkat lunak. Jika sebagian program diambil dari distribusi utamanya dan dimanfaatkan kembali, maka seluruh pihak yang telah menggunakan program yang telah didistribusikan ulang harus mendapat hak lisensi yang sama dengan perangkat lunak utama.

9.Lisensi Tidak harus Membatasi Perangkat Lunak Lainnya

Lisensi tidak harus menempatkan pembatasan pada perangkat lunak lainnya yang didistribusikan bersama dengan perangkat lunak yang dilisensi. Sebagai contoh, lisensi tidak harus memaksa penggunaan perangkat lunak lain yang didistribusikan bersama-sama juga termasuk perangkat lunak opensource

10.Lisensi Harus Netral Terhadap Teknologi

Tidak ada ketentuan didalam lisensi keharusan menggunakan teknologi atau antarmuka tertentu. Lisensi harus memperbolehkan semua teknologi yang memungkinkan agar dapat digunakan bersama perangkat lunak tersebut. Sebagai contoh lisensi tidak boleh membatasi perangkat lunak harus di tulis menggunakan BlueRay Disk, ketika memungkinkan juga perangkat lunak ditulis didalam CD-R atau DVD-R No provision of the license may be predicated on any individual technology or style of interface.

dokumentasi/pengenalan_open_source.txt · Last modified: 2013/11/01 09:27 (external edit)