User Tools

Site Tools


dokumentasi:implementasi_ugm_goes_open_source:survey_masalah

Survey Masalah

Survey Masalah yang dimaksud adalah survey permasalahan terhadap pengguna (user) yang sudah di migrasi menggunakan sistem operasi Open Source. Hasil survey akan dirangkum dan di filter berdasarkan permasalahan agar bisa ditanggapi dan di berikan solusi.

Gedung Pusat (KPTU)

NO Masalah Solusi
1. Repot membuka file baru dan menyimpan di Data karena harus melalui step yang lebih banyak daripada windows.
Lebih repot membuka dokumen kolega karena harus menunggu diberi tahu oleh kolega tersebut, tidak seperti membuka shared area di Windows.
Upgrade Openoffice 3.0, agar dapat membaca dokumen Microsoft Office 2007.
Model sharing harus dibuatkan, agar mudah.
Pelatihan seputar masalah aplikasi dan Office yang dihadapi user.
2. Terjadi kehilangan folder trash sehingga harus dicari melalui Nautilus. Pada OpenOffice Spreadshet untuk penyimpanan ke format .xls format pembuatan table akan selalu berubah, misal menengahkan text ke merge shell setelah disimpan ke jenis .xls apabila dibuka kembali ke pinggir lagi.Pada penggunaan ofice word processor pada penyimpanan type .doc akan terjadi perubahan bentuk format paragraf/penyusunan tab, namun apabila disimpan dalam type .odt tidak terjadi masalah.Upgrade Openoffice 3.0, agar dapat membaca dokumen Office 2007.Pelatihan troubleshooting system dan masalah migrasi data Office dari Ms.Office ke OpenOffice.org.
3. Apabila ada trouble belum bisa mengatasi karena belum menguasai keseluruhan tentang program Linux.Pelatihan Trobleshooting system.
4. Penyesuaian dg window.Ya, ganti metode ya harus 'in', cuma kebetulan saya belum pernah mengenal sama sekali Office bahkan belum pernah diberi pengarahan atau training tentang Linux (Ugos).Pernah ngeprint aja nggak sukses.Pelatihan OpenOffice dan Linux Desktop.
5. Bingung mencari toolbar (karena beda sama windows). Kadang tidak connect sm printer/scanner. Klo dapet file dlm bentuk Office 2007, tidak bisa dibuka di linux (karena tidak semua pake linux). Sepertinya tidak praktis windowsUpgrade OpenOffice 3.0. Pelatihan Office dan Ubuntu Desktop.
6. Fasilitas yang dipunyai tidak sekomplet dan secanggih Windows..atau saya yang belum detail mempelajari ya??Pelatihan Ubuntu Desktop.
7. Bingung, dan masih susah memahami/menggunakan.Pelatihan Ubuntu Desktop.
8. Menyimpan, meng-copy, dan membuat kolom dll.Pelatihan Ubuntu Desktop.
9. Hampir tidak ada, cuma permasalah justru ada di komputernya yang mungkin kemampuannya tidak mendukung operasinya. Misal, pada saat yang sama saya melakukan on line internet, memutar mp3 dan mengerjakan pekerjaan dengan spreedshead (excel di windows)….tiba-tiba komputer diam aja ga mau diapa-apin atau malah restart sendiri.Upgrade OpenOffice 3.0.Pelatihan OpenOffice dan Ubuntu Desktop.
10.Masih belum bisa menggunakan linux.Upgrade OpenOffice 3.0.Pelatihan OpenOffice dan Ubuntu Desktop.Trobelshooting studi kasus di Office.
11.Misalnya kalau mau mengcopy takut data asli menjadi rusak dan mengeprint selalu ada tulisan read only yang akhirnya kertas tidak bisa keluar print.Perbaiki ijin akses file apabila readonly. Pelatihan Office.
12.Banyak program yang tidak bisa support.Pelatihan khusus Linux Desktop. Pendampingan intensif.
13.Hardware yang kurang memadai sehingga sering macet sehingga terkesan linux itu sulit dan mudah macet.Pedampingan khusus untuk pak Jon
14.Belum bisa memberikan informasi permasalahan yang dihadapi.Upgrade OpenOffice 3.0.Pelatihan Office dan Ubuntu Desktop.
15.Tidak bisa edit foto dengan mudah, udah terbiasa pake microsoft photo editor. YM harus lewat Pidgin, jadi ga bisa kirim file kantor, harus lewat email. (note: komunikasi para sekretaris pimpinan dan direktorat memakai YM).Upgrade OpenOffice 3.0.Pelatihan Office dan Ubuntu Desktop.
16.Kurang lancar dikarenakan belum familiar saja.Upgrade OpenOffice 3.0. Pelatihan Office dan Ubuntu Desktop.
17.SeringmacetUpgrade OpenOffice 3.0. Pelatihan Office dan Ubuntu Desktop.
18.Kadang dibuka hanya dapat read only,bila diubah tidak dapat disimpan hasil migrasi (office) terpaksa dirubah secara manual karena format jadi kacau.Upgrade OpenOffice 3.0. Pelatihan Office dan Ubuntu Desktop.
19.Letak perintah-perintahnya yang berbeda dari Ms Windows agak menghambat pekerjaan, misalnya untuk letak page setup berbeda pada keduanya. Yahoo Messenger/ Pidgin YM tidak terdapat fasilitas archive untuk setiap chat yg dilakukan.Upgrade OpenOffice 3.0. Pelatihan Office dan Ubuntu Desktop.

Kesimpulan :

  1. Banyak pengguna yang telah dimigrasikan, banyak keluhan seputar masalah Office dan ketidaknyamanan penggunakan Desktop.
  2. Keluhan penggunaan Office dapat ditanggapi dengan melakukan upgrade OpenOffice.org 3.0 agar kompatibilitas migrasi data dapat teratasi dengan lebih baik.
  3. Sedangkan keluhan penggunaan OpenOffice yang susah dapat diatasi, adalah dengan mengadakan pelatihan berdasarkan masalah sehari-hari dilapangan, agar pengguna dapat lebih familiar menggunakan OpenOffice.
  4. Keluhan ketidaknyamanan, atau kesulitan menggunakan desktop dan aplikasinya dapat diatasi dengan mengadakan pelatihan bagi para pengguna yang telah dimigrasi. Dan materi pelatihan disesuaikan dengan kondisi pengguna dalam menggunakan desktop dan aplikasi sehari-hari agar dapat menemukan solusi yang dihadapi.

LPPT

dokumentasi/implementasi_ugm_goes_open_source/survey_masalah.txt · Last modified: 2013/11/01 09:27 (external edit)