User Tools

Site Tools


panduan:panduan_penggunaan_virtualbox

Panduan Penggunaan VirtualBox

Panduan Penggunaan Virtualbox

Selamat datang di dunia virtualisasi dan Linux. Tutorial ini dimaksudkan untuk membantu pengguna yang baru ke dunia virtualisasi dan Linux Sistem Operasi untuk menginstal dan mengkonfigurasi aplikasi Sun VirtualBox dan kemudian instal Linux Mint 5 sebagai sistem operasi tamu dengan menggunakan VirtualBox aplikasi Graphical User Interface (GUI).

Persyaratan Sistem untuk ini Tutorial: (Sistem lain yang serupa) Windows XP atau Vista sistem operasi menggunakan NTFS File Sistem (sistem berkas FAT batas ukuran file berdekatan menjadi sekitar 4 Gigabytes, lihat Persyaratan Hard Drive Space) 1,5 Gigabytes RAM (sistem minimum yang disarankan memori) Setidaknya 20 Gigabytes free Hard Drive Space (Minimum 8 Gigabytes diperlukan untuk virtual hard drive)

Untuk memulai, Anda perlu untuk men-download file instalasi untuk VirtualBox (pengguna Windows pilih x86/amd64): http://www.virtualbox.org/wiki/Downloads

Untuk file iso bisa di unduh di http://repo.ugm.ac.id/iso :

Setelah Anda telah men-download file, Anda dapat mulai instalasi proses dengan membuat restore point pada sistem restore. Hal ini dianjurkan dalam hal instalasi penyebab kesalahan. Saya telah menggunakan VirtualBox selama lebih dari satu tahun sebagai tulisan ini dan belum memiliki masalah ketidakstabilan sistem karena itu.

Langkah pertama adalah untuk meluncurkan file instalasi dengan mengklik (atau double-mengklik) pada file executable. Klik “Next” .

vbox1.jpg

Menerima perjanjian lisensi dan pilih “Next”:

vbox2.jpg

Terima menginstal setting default dengan memilih “Next”:

vbox3.jpg

Pilih cara pintas preferensi Anda dan pilih “Next”:

vbox4.jpg

Installer VirtualBox akan memperingatkan Anda bahwa itu harus mengatur ulang koneksi jaringan anda saat instalasi. Pilih “Ya”:

vbox5.jpg

Terima menginstal pengaturan dengan memilih “Instal”:

vbox6.jpg

Selama proses instalasi Anda akan melihat kotak-kotak pemberitahuan seperti contoh ini:

vbox7.jpg

Pilih “Continue Anyway” untuk melanjutkan proses instalasi. Setelah instalasi selesai, Anda akan melihat jendela berikut. Pilihan untuk memulai VirtualBox harus memeriksa secara default. Dengan “Sun Mulai VirtualBox setelah instalasi” pilihan dicentang, pilih “Finish”:

vbox8.jpg

Isi informasi pendaftaran dan pilih “Register”:

vbox9.jpg

Jika GUI VirtualBox tidak memuat, buka menu Start> All Programs> Sun VirtualBox> VirtualBox untuk meluncurkan aplikasi.

vbox10.jpg

Ini adalah VirtualBox User Interface grafis (GUI). Untuk memulai, kita akan mengkonfigurasi sistem operasi tamu. Sistem operasi yang Anda telah menginstal aplikasi VirtualBox ini dianggap sebagai sistem operasi host. Untuk tutorial ini, kita akan menginstal Linux Mint 5.0 LTS (Long Term Support) sebagai sistem operasi tamu. Pada sudut kiri atas pilih “New” . Hal ini akan meluncurkan “New Virtual Machine Wizard!”

vbox11.jpg

Pilih “Next” . Langkah pertama dalam proses ini adalah untuk nama sistem operasi tamu dan mengidentifikasi jenis sistem operasi.

vbox12.jpg

Seperti yang terlihat di layar, saya biasanya nama sistem operasi tamu LM5. Gunakan panah drop-down di sebelah kanan “Sistem Operasi:” untuk memilih “Linux” dan mengidentifikasi “Versi:” sebagai “Ubuntu” (Linux Mint adalah turunan Ubuntu). Setelah pengaturan ini sudah benar, pilih tombol “Next”.

Langkah berikutnya adalah memilih berapa banyak memori sistem anda untuk mengalokasikan ke sistem operasi tamu mesin virtual. Tidak menyarankan menggunakan VirtualBox pada host Windows kecuali jika tuan rumah memiliki sedikitnya 1,5 gigabyte RAM. Meskipun alokasi memori default dasar untuk 384 MB seperti yang terlihat di layar, saya sarankan mengalokasikan 512 megabyte RAM sistem untuk tamu. Saya merasa paling mudah untuk memilih kotak di sebelah kanan slider bar dengan kursor mouse saya dan gunakan tombol nomor saya untuk memasukkan “512”pada kotak MB.

vbox13.jpg

Setelah Base Memory Size disetel ke “512” MB, pilih tombol “Next”.

Langkah selanjutnya adalah membuat Virtual Hard Disk. Screenshot menunjukkan VirtualBox Pengaturan default pada tulisan ini. Biarkan pengaturan pada pengaturan default mereka dan pilih “Next”.

vbox14.jpg

Create New Virtual Disk Wizard akan terbuka. Pilih “Next” .

vbox15.jpg

Pengaturan default untuk Hard Disk Storage Type “dinamis memperluas penyimpanan”. Saya sarankan menerima pengaturan standar. Jika tidak, Anda dapat memilih jumlah tetap ruang disk untuk mengalokasikan ke sistem operasi tamu. Ketika saya memilih pilihan ini, saya biasanya mengalokasikan 16-20 gigs ruang disk tetap. Untuk menerima pengaturan standar, pilih tombol “Next”

vbox16.jpg

Selanjutnya, Virtual Disk Nama dan jendela Location akan beban. Nama ini harus default “LM5” dan ukuran disk harus default “8.00 GB” seperti yang terlihat pada layar.

vbox17.jpg

Untuk menerima default, pilih tombol “Next”.

Sebuah jendela akan memuat ringkasan. Pilih tombol “Finish” objek untuk menyelesaikan konfigurasi Disk Virtual.

vbox18.jpg

Sebuah progress bar akan ditampilkan sebagai virtual hard drive sedang dibuat.

vbox19.jpg

Ketika proses ini selesai, anda harus dikembalikan ke GUI VirtualBox.

vbox20.jpg

Harap dicatat bahwa “LM5” mesin virtual yang terdaftar di mesin yang tersedia dan “Pengaturan” dan “Start” yang tersedia. Pada titik ini, gerakkan pointer mouse anda ke atas tombol “Settings” objek di sudut kiri atas dan pilih “Settings” . Ini harus membuka “Pengaturan” jendela.

vbox21.jpg

Pilih “System” link di sebelah kiri untuk mengkonfirmasi memori “Base Memory:” pengaturan dan melihat “Boot Order:” Jika “Memori Base:” disetel ke “512” MB seperti yang terlihat pada layar, lanjutkan ke langkah berikutnya.

vbox22.jpg

Pilih “Display” link di sebelah kiri. Klik dalam kotak Memory Video dan set ke “64” MB seperti yang ditunjukkan. Sekali lagi, saya merasa mudah untuk klik kotak di sebelah kanan slider dan kemudian menggunakan kunci nomor saya untuk memasukkan pengaturan. Selain itu, pada konfigurasi hardware yang paling, sangat OK untuk tempat cek pada “Enable 3D Acceleration” kotak centang seperti yang terlihat pada layar.

vbox23.jpg

Selanjutnya, dalam pane kiri, pilih “CD / DVD-ROM” objek. Jendela harus mengubah untuk menampilkan jendela CD / DVD ROM pengaturan.

vbox24.jpg

Gunakan pointer mouse anda untuk menempatkan tanda centang pada “Mount CD / DVD Drive” kotak cek dan kemudian pilih tombol radio di samping “ISO Image File”. Pilih tombol browse folder objek di sebelah kanan kolom teks kosong untuk membuka “Virtual Media Manager”. Pilih tombol “Add” obyek dan browse ke lokasi file Linux Mint 5.0 ISO LTS, lalu pilih. Setelah ini selesai, aktifkan “Pilih ” .

vbox25.jpg

Setelah ini selesai, pilih “OK” .

vbox26.jpg

Ini akan menutup jendela Pengaturan dan kembali Anda ke GUI VirtualBox. Beberapa pengaturan Anda mungkin berbeda dari layar. Ini karena saya memilih pengaturan khusus selama proses instalasi saya. Pilih tombol “Start” objek di sudut kiri atas VirtualBox GUI. A splash screen akan menampilkan sebentar dan mesin virtual akan menginisialisasi.

vbox27.jpg

Boot default Agar VirtualBox Floppy, CD / DVD-ROM, Hard Disk. Dengan menunjuk titik mount CD / DVD Drive ke Linux Mint 5 LTS ISO Image File, mesin virtual akan boot ke “live cd” Linux Mint 5. Mesin virtual akan memuat dan Anda mungkin akan melihat tampilan berikut. Hal ini menginformasikan pengguna bahwa keyboard sekarang ditangkap oleh mesin virtual dan dapat dilepaskan dengan menekan tombol Ctrl kanan ke paling kanan space bar pada keyboard. Dapat menonaktifkan pengingat ini dari menampilkan setiap kali anda menjalankan mesin virtual dengan menggunakan mouse anda untuk menempatkan cek di kotak “Do not show …”. Pilih “OK ” objek ketika siap.

vbox28.jpg

Selanjutnya, salah satu kotak pemberitahuan berikut akan ditampilkan.

vbox29.jpg

vbox30.jpg

Silakan baca melalui kotak informasi. Bit pesan video kedalaman dapat diabaikan. Hal ini aman untuk tempat cek di kotak “Do not show …” memeriksa dan kemudian pilih “OK” . Rincian mouse kotak informasi penangkapan fungsi mouse oleh sistem operasi tamu dan memberitahu pengguna prosedur melepaskan fungsi mouse yang sama dengan rilis keyboard, menekan tombol Ctrl kanan ke paling kanan space bar pada keyboard. Kotak informasi ini juga dapat dinonaktifkan. Untuk melanjutkan, pilih “Capture” .

Selama proses loading, Anda mungkin akan melihat kotak kesalahan GNOME. Error ini virtualisasi umum selama instalasi dan aman untuk diabaikan. Pilih “Close” .

vbox31.jpg

Ketika Linux Mint live cd telah selesai loading, Anda akan melihat Linux Mint 5 desktop di jendela mesin virtual. Sepanjang tepi kiri jendela desktop Anda akan melihat ikon berjudul “Install”. Pindahkan kursor mouse anda ke atas ikon Install dan double klik. Ini akan memulai proses instalasi dari sistem operasi Mint Linux dengan disk virtual.

vbox32.jpg

Setelah file-file instalasi telah disalin, Install layar Selamat Datang akan ditampilkan.

vbox33.jpg

Untuk memilih pengaturan default bahasa Inggris, pilih tombol “Forward”. Jika tidak, pilih bahasa pilihan Anda sebelum memilih tombol “Forward”.

Langkah berikutnya adalah memilih zona waktu lokasi. Saya sarankan menggunakan panah drop-down di sebelah kanan kotak Kota Dipilih untuk memilih kota yang ada di zona waktu Anda. Untuk Zona Waktu Central Asia, saya menggunakan Chicago sebagai pengaturan Kota.

vbox34.jpg

Setelah kota Anda diaktifkan, pilih “Forward”.

Langkah berikutnya adalah untuk memilih layout keyboard untuk instalasi anda. Untuk memilih pengaturan default USA, pilih “Forward” .

vbox35.jpg

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan ruang disk untuk instalasi sistem operasi. Saya sarankan menerima pengaturan default.

vbox36.jpg

Untuk menggunakan pengaturan default, pilih “Forward” .

Linux Mint memerlukan username dan password untuk masuk ke sistem operasi. Gunakan keyboard untuk memasukkan username dan password untuk instalasi Linux Mint. Semua kolom teks lain dapat tetap di default.

vbox37.jpg

Selamat, Anda berada di halaman konfigurasi menginstal ringkasan. Pilih “Install” tombol objek untuk mengkonfirmasi pengaturan instalasi.

vbox38.jpg

Sebuah progress bar akan ditampilkan instal install berlangsung.

vbox39.jpg

Setelah instalasi selesai, Anda akan diminta untuk “Restart”. Pilih “Restart” . Selama proses restart, Anda akan diminta untuk mengeluarkan CD dari CD Drive. Abaikan ini dan tekan tombol Enter pada keyboard Anda untuk menyelesaikan proses restart.

Setelah mesin virtual telah menutup dan anda melihat layar splash memulai lagi, teks putih akan mulai ditampilkan dalam jendela mesin virtual sebagai aplikasi mempersiapkan untuk memulai. Gerakkan mouse Anda ke sudut kanan atas jendela dan pilih merah “X” untuk menutup jendela. Mungkin perlu menekan tombol kanan Ctrl pada keyboard Anda untuk melepaskan mouse dari mesin virtual untuk melakukan hal ini. The “Tutup Virtual Machine” kotak akan ditampilkan. Pilih “Matikan mesin” tombol radio lalu pilih “OK”. Langkah ini diperlukan karena mesin virtual masih diperintahkan untuk mulai dari iso image “live cd”.

vbox40.jpg

Hal ini harus mengembalikan Anda ke jendela VirtualBox GUI. Jika tidak, buka menu Start> All Programs> Sun VirtualBox> VirtualBox untuk meluncurkan aplikasi. Sekali lagi, pilih tombol “Settings” objek di sudut kiri atas VirtualBox GUI untuk membuka jendela pengaturan. Pilih “CD / DVD-ROM” link di sebelah kiri untuk menampilkan CD / DVD jendela pengaturan. Pilih tombol radio di sebelah “Host CD / DVD Drive” seleksi seperti yang ditunjukkan dan pilih “OK”untuk menutup jendela dan kembali ke jendela utama VirtualBox.

vbox41.jpg

Setelah Anda kembali ke jendela VirtualBox GUI, pilih “Start” di sudut kiri atas untuk memulai mesin virtual.

vbox42.jpg

Linux Mint 5 layar boot akan muncul dan waktu keluar.

vbox43.jpg

Setelah proses loading telah selesai, Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password yang Anda pilih selama proses instalasi.

vbox44.jpg

Setelah Anda berhasil login-in ke sesi Anda, Anda akan diminta untuk menyelesaikan instalasi anda preferensi. Pilih “Forward” .

vbox45.jpg

Berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih untuk mengaktifkan “Root Password”. Saya sarankan meninggalkan opsi ini tidak dicentang dan memilih “Forward” .

vbox46.jpg

Berikutnya, Anda akan diminta untuk mengaktifkan “Fortunes di terminal” fitur. Saya pribadi tidak mengaktifkan fitur ini. Setelah memilih preferensi Anda memilih “Forward” .

vbox47.jpg

Setelah pengaturan ini selesai, kotak ringkasan akan ditampilkan. Pilih “Terapkan” .

vbox48.jpg

Pilih “Close” untuk menyelesaikan proses pengaturan preferensi.

vbox49.jpg

Pada titik ini Linux Mint 5 desktop akan ditampilkan.

vbox50.jpg

Selanjutnya, kita akan menginstal “Guest Additions”untuk menambahkan fungsionalitas tambahan untuk instalasi mesin virtual Anda. Tekan tangan kanan “Ctrl” tombol pada keyboard Anda untuk melepaskan keyboard dan mouse dari mesin virtual. Pindahkan kursor mouse ke menu kiri atas pada jendela mesin virtual dan pilih “Devices” menu pilihan. Menu drop-down populasikan. Pindahkan kursor di atas pilihan terakhir dalam daftar “Install Guest Additions” lalu pilih.

vbox51.jpg

Tamu Penambahan file akan terpasang dan ditampilkan pada desktop Linux Anda dan kotak akan terbuka dengan pilihan untuk menjalankan perangkat lunak. Pilih “Run” tombol objek untuk menginstal perangkat lunak.

vbox52.jpg

Pada titik ini, Anda akan diminta untuk sandi administrator Anda. Masukkan password yang Anda pilih ketika Anda memilih username dan password anda selama proses instalasi dan pilih “OK” .

vbox53.jpg

Sebuah kotak teks akan terbuka di Linux Mint 5 Desktop yang akan menampilkan kemajuan instalasi. Jika ada kesalahan muncul selama proses instalasi, mereka dapat diabaikan dengan aman. Setelah instalasi selesai, Anda akan diminta untuk menekan tombol Enter pada keyboard Anda untuk menyelesaikan instalasi.

vbox54.jpg

Berikutnya, klik kanan pada ikon Guest Additions mount point pada desktop Linux Mint 5 dan pilih “Eject”pilihan.

vbox55.jpg

Anda sekarang harus di desktop Linux Mint 5. Gerakkan mouse anda ke pojok kiri bawah atau desktop dan kiri-klik pada “Elyssa” untuk meluncurkan Linux Mint 5 menu start. Pilih “Quit” link untuk membuka kotak Quit pilihan.

vbox56.jpg

Selanjutnya, pilih “Shutdown”pilihan.

vbox57.jpg

Linux Mint 5 akan memulai urutan shutdown dan Linux Mint 5 jendela akan ditutup.

Pada titik ini, kita akan ulangi langkah ke titik Linux Mint 5 sistem operasi tamu ke drive hardware CD / DVD. Anda harus kembali ke jendela VirtualBox GUI. Jika tidak, buka menu Start> All Programs> Sun VirtualBox> VirtualBox untuk meluncurkan aplikasi. Sekali lagi, pilih tombol “Settings” objek di sudut kiri atas VirtualBox GUI untuk membuka jendela pengaturan. Pilih “CD / DVD-ROM” link di sebelah kiri untuk menampilkan CD / DVD jendela pengaturan. Pilih tombol radio di sebelah “Host CD / DVD Drive” seleksi seperti yang ditunjukkan dan pilih “OK”untuk menutup jendela dan kembali ke jendela utama VirtualBox.

vbox58.jpg

Selanjutnya, mari kita ciptakan sebuah folder bersama dalam sistem file host. Buka Windows Explorer untuk Anda folder My Documents dan klik kiri di kaca jendela kanan. Pilih New> Folder dan nama itu “LM5”.

vbox59.jpg

Screenshot ini menampilkan folder bersama saya buat pada saat instalasi saya.

vbox60.jpg

Setelah folder bersama telah dibuat, beban atau pilih GUI VirtualBox dan pilih tombol “Settings” objek di sudut kiri atas. Pada panel kiri jendela Settings, pilih “Shared Folders” link. The “Shared Folder” jendela akan ditampilkan.

vbox61.jpg

Waktu klik folder hijau dengan tanda plus hijau di sepanjang tepi atas kanan jendela Shared Folder. Ini akan membuka jendela Berbagi Tambah. Klik panah drop-down di sebelah kanan dari “Path Folder:” kotak dan kemudian pilih “Lainnya”.

vbox62.jpg

Gunakan kotak Browse untuk Folder untuk menavigasi ke lokasi di mana Anda menciptakan LM5 shared folder, pilih, lalu pilih “OK” .

vbox63.jpg

Kotak Berbagi Tambahkan akan menampilkan pengaturan Anda seperti yang terlihat pada layar. Pastikan untuk meninggalkan “Read-only” kotak centang dicentang. Setelah ini selesai, pilih “OK” di kotak Berbagi Tambah dan di jendela Pengaturan.

vbox64.jpg

Setelah Anda kembali ke jendela VirtualBox GUI, pilih “Start” di sudut kiri atas untuk memulai mesin virtual.

vbox65.jpg

Selama urutan mulai, Anda akan melihat kotak ini pemberitahuan yang menunjukkan bahwa “integrasi pointer mouse” didukung dan dinyalakan. Ini adalah fitur dari menambahkan Guest Additions pada mesin virtual. Baca pemberitahuan; tempat centang pada “Do not show …” kotak centang jika Anda tidak ingin melihat pemberitahuan lagi, dan pilih “OK” .

vbox66.jpg

Setelah mesin virtual telah dimuat dan anda harus masuk menggunakan username dan password, klik kiri pada “Elyssa” untuk meluncurkan Linux Mint 5 menu start. Pilih “Terminal” perintah.

vbox67.jpg

Dalam terminal ketik teks pada prompt seperti ditunjukkan pada layar:

vbox68.jpg

Bila Anda telah menyelesaikan entri teks, tekan tombol Enter pada keyboard Anda. Anda akan diminta untuk memasukkan sandi Anda. Ini adalah password yang Anda pilih saat membuat username dan password untuk instalasi anda. Masukkan sandi saja dan tekan tombol Enter pada keyboard Anda. Pada tipe, prompt teks seperti terlihat pada layar dan sekali lagi tekan tombol Enter pada keyboard Anda. Anda tidak akan diminta lagi untuk sandi Anda sekarang bahwa Anda telah memasukkannya dalam sidang Terminal:

vbox69.jpg

Kami sekarang siap untuk mengakhiri sesi Terminal. Waktu-klik tombol “X” di sudut kanan atas jendela Terminal. Ini akan menutup jendela Terminal dan kembali ke desktop Anda Mint Linux. Sepanjang tepi kiri atas klik, desktop dua kali pada icon komputer. Ini akan membuka komputer File Browser. Pada panel sebelah kanan, klik dua kali pada icon Filesystem.

vbox70.jpg

Dalam pane kanan jendela Sistem Berkas, klik dua kali pada folder “mnt”.

vbox71.jpg

Pada jendela sisi kanan, klik dua kali pada folder “berbagi”.

vbox72.jpg

Pada panel sebelah kanan, pindahkan kursor mouse anda ke folder “LM5”, tahan baik kanan dan tombol kiri mouse, dan tarik folder dari jendela browser ke desktop dan lepaskan tombol mouse. Dari kotak kontekstual, pilih “Link Here” pilihan.

vbox73.jpg

vbox74.jpg

Sebuah ikon baru akan muncul pada desktop Anda berlabel “Link untuk LM5” dengan ikon Dikunci. Ini adalah link desktop Anda ke folder Anda bersama.

vbox75.jpg

Tutup jendela File Browser dan klik kiri dan drag ikon link di bawah ikon link Home. Ini adalah snapshot dari saya tamu Linux Mint 5.0 LTS pada saya desktop Windows XP Pro.

vbox76.jpg

Saya telah mengganti nama folder Home dengan mengklik kanan pada ikon folder dan memilih “Rename” dari menu kontekstual. Aku menghapus awalan username dan kiri “Home ” teks judul. Saya juga pergi ke menu awal, memilih “Internet” link dari daftar aplikasi tengah dan kiri-diklik dan memegang “Firefox Web Browser” icon dan menyeretnya keluar dari menu awal dan ke desktop saya untuk membuat shortcut pada saya desktop. Seperti yang Anda lihat, aku memperpendek nama link ke Firefox dengan mengklik kanan pada icon dan memilih “Rename”.

Saya sarankan, demi kemudahan, membuat link tambahan ke folder Anda bersama dengan mengklik ganda pada ikon folder “Home” pada desktop Mint, Linux 5 yang akan terbuka Anda Home File Browser. Klik kanan pada “Link to LM5” ikon pada desktop dan pilih “Copy” dari menu kontekstual. Kemudian, dalam pane kanan File Browser window, klik kanan dan pilih “Tempel” perintah dari menu kontekstual.

vbox77.jpg

Anda Home File Browser sekarang harus menampilkan link ke folder anda bersama:

vbox78.jpg

Selanjutnya, mari kita mount folder bersama untuk memungkinkan pertukaran file antara tuan rumah dan sistem operasi tamu. Buka menu start dan pilih “Terminal” perintah. Pada prompt perintah, ketik teks seperti terlihat pada layar dan tekan tombol Enter pada keyboard Anda.

vbox79.jpg

Sekali lagi, Anda akan diminta untuk memasukkan sandi Anda. Ketik password Anda di prompt dan kemudian tekan enter pada keyboard Anda. Pilih “X” di jendela Terminal untuk menutup jendela. Double klik pada “Link to LM5” ikon dan bagian kunci dari ikon akan hilang dan digantikan oleh panah. Hal ini menunjukkan bahwa folder yang terpasang dan aktif. Anda sekarang dapat melihat semua file yang berada di folder LM5 pada host anda dan menambahkan file ke folder yang akan diakses dari host Anda.

Bit terakhir dari bisnis saya akan membahas dalam tutorial ini ada hubungannya dengan memperbarui Linux Mint 5 instalasi. Anda mungkin akan melihat ikon kecil sepanjang tepi kanan bawah desktop Linux Mint 5. Ini adalah ikon update dan ditampilkan sebagai salah satu dari tiga negara yang berbeda sejauh yang saya tahu. Pada screenshot, itu menampilkan sebagai kunci yang dibuka. Hal ini menunjukkan bahwa ada update yang tersedia.

vbox80.jpg

Seperti yang terlihat di layar, saat ini terdapat 104 pembaruan yang terdeteksi dan tersedia. Klik kiri pada icon dan kotak prompt password akan terbuka. Ketik password Anda, kemudian tekan tombol Enter pada keyboard Anda.

vbox81.jpg

Ini akan membuka jendela mintUpdate:

vbox82.jpg

Pilih “Install Updates” tombol objek untuk melanjutkan dengan proses update. Proses update akan mulai dengan mendownload file yang akan diinstal.

vbox83.jpg

Setelah file-file yang telah didownload, proses update akan dimulai. Selama proses update, Anda mungkin melihat sejumlah “Ganti konfigurasi file” kotak pemberitahuan. Pilih “Ganti” setiap kali ini terjadi.

vbox84.jpg

Setelah update selesai, pilih “Close” .

vbox85.jpg

Setelah pembaruan awal selesai, saya sarankan anda reboot mesin virtual sehingga semua update bisa berlaku. Setelah ini selesai dan Anda kembali ke desktop Linux Mint 5, klik kiri pada ikon update sepanjang tepi kanan bawah desktop Linux Mint yang tampak seperti kunci. Setelah Anda memasukkan password dan jendela mintUpdate terbuka, pilih “Preferences” .

vbox86.jpg

Ketika jendela Preferences terbuka, pilih “Auto-Refresh” tab. Saya biasanya mengubah pengaturan default 5 menit baik 20 menit atau 1 jam. Setelah Anda telah mengubah interval Auto-Refresh, pilih “Terapkan” .

vbox87.jpg

Sekali lagi, ada update tambahan yang tersedia untuk instalasi. Pilih “Install Updates” untuk memulai proses update. Selama proses update, Anda mungkin melihat jendela yang menampilkan peringatan mengenai paket-paket yang akan diinstal. Pengaturan default sistem akan mencegah beberapa update dari yang diinstal. Saya sarankan Anda menerima pengaturan default dan pilih “Terapkan” tanpa melakukan perubahan apapun.

vbox88.jpg

Setelah semua pembaruan diterapkan dan instalasi saat ini, ikon akan berubah untuk muncul terkunci dengan tanda centang.

vbox89.jpg

Ikon hanya mintUpdate lain yang pernah saya lihat ditampilkan adalah kunci yang rusak di setengah. Ini biasanya indikasi bahwa sistem operasi Linux Mint perlu di-restart untuk memungkinkan pembaruan sebelumnya untuk diterapkan.

Sebagai penutup, saya mengundang anda untuk menjelajahi dunia mesin virtual dan saya berharap Anda menikmati pengalaman Mint Linux anda. Jika Anda memiliki komentar, koreksi, kelalaian atau pertanyaan mengenai tutorial ini, silahkan email saya di: bootlegmultimedia@yahoo.com

Sincere Regards, Dennis Berry Please visit bootlegmultimedia.com for a sample of Reality Check Adventure Training.

panduan/panduan_penggunaan_virtualbox.txt · Last modified: 2013/11/01 16:27 (external edit)

Page Tools